Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ibu Rumah Tangga di Purwarkata Tanam Sayuran dan Buah-buahan di Pekarangan

0 6

PURWARKARTA – Memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19, ibu-ibu rumah tangga di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, memanfaatkan lahan pekarangan menanam sayuran dan buah-buahan.

Selain menanam sayuran dan buah-buahan, mereka ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Lestari ini juaga menanam tanaman obat. Hal ini dilakukan untuk menambah pendapatan, dan juga mengonsumsi makanan sehat.

Sementara untuk hasil panen dijual kepada warga sekitar atau dipasarkan kepada pedagang sayur keliling. Hasil panen tidak ada yang terbuang dengan sia-sia.

KWT Bina Lestari di Kampung Malangnegah Wetan RW 10, Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta Eni Lestiorini mengatakan, gerakan tanam sayuran dan buah juga membuat pemukiman menjadi lebih asri.

Ads Air Haji

Nah, dari kerja keras tersebut mendorong Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyambangi KWT Bina Lestari untuk meresmikan Hibar Eco Village, pada pekan lalu.

“Selama ini kita mendengar bahwa sayuran hanya tumbuh di dataran tinggi. Ternyata di Purwakarta yang udaranya cukup panas, sayuran seperti kol bisa tumbuh subur,” ujar Anne.

Jenis tanaman yang dibudidayakan terdiri atas tanaman serelia, sayuran, buah-buahan dan tanaman obat. Benih diperoleh secara swadaya dan dukungan pemerintah kabupaten (Pemkab) dari dinas terkait dan pendampingan dari produsen benih tanaman sayuran PT East West Seed Indonesia (Ewindo).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyampaikan, bahwa kecukupan pangan dapat diraih dari pekarangan rumah.

“Bertani di pekarangan menghemat uang belanja. Bagus untuk kesehatan fisik. Tubuh disinari matahari pagi. Gerakan menanam mendorong keluarnya keringat yang sehat untuk tubuh menangkal virus Corona,” ujarnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.