Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Impor Bawang Putih Menurun di 2021

0 36

Jakarta, Kabarpangan.id – Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan, total kebutuhan impor bawang putih sepanjang 2021 sebanyak 532 ribu ton. Jumlah itu menurun sekitar 5,3 persen dibandingkan rata-rata kebutuhan impor tahunan sebesar 560 ribu ton.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto mengatakan, ketersediaan bawang putih baik impor maupun lokal pada akhir 2020 sebanyak 134 ribu ton.

“Kemudian pada Januari akan tersisa 85 ribu ton dan Februari tersisa 42 ribu ton. Namun, mulai Maret, April ini sudah mengalami shortage (kekurangan),” kata Prihasto dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi IV DPR, Selasa (19/1).

Ads Air Haji

Kendati demikian, Prihasto mengatakan, kebutuhan impor bawang putih tahun ini mulai mengalami penurunan. Itu lantaran produksi dalam negeri secara perlahan mulai dapat berkontribusi pada pemenuhan pasar dalam negeri.

Tahun ini, ia mengklaim akan terdapat produksi sekitar 98.387 ton dengan ketersediaan pasokan 59 ribu ton. Dengan kalkulasi itu, Prihasto memperkiraan kekurangan bawang putih yang mesti dipenuhi dari impor sebanyak 532 ribu ton.

“Sekarang (impor) bisa dikurangi karena sudah mulai ada produksi, kami sudah siapkan data-daa early warning system selama 5 bulan untuk antisipasi neraca kebutuhan dan produksi,” kata Prihasto. (mh)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.