Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Industri Ikan Hias Terus Didorong

0 9

BOGOR, KABARPANGAN.ID – Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak spesial ikan hias, baik dari jenis tawar maupun laut. Data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, dari 1.100 spesies ikan hias air tawar yang ada di dunia, 400 spesies di antaranya berasal dari Indonesia.

Kemudian dari jenis air laut, Indonesia memiliki 650 spesies dan diduga masih banyak lagi spesies ikan hias air laut yang belum ditemukan.

“Besarnya potensi sumber daya tersebut, adalah anugerah bagi bangsa Indonesia yang seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai penggerak ekonomi nasional, penyedia lapangan kerja, dan memiliki potensi besar sebagai penghasil devisa negara,” kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo dalam video daring, Minggu (16/8).

Dikatakan Nilanto, nilai ekspor ikan hias Indonesia ke mancanegara cukup tinggi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tren peningkatan perdagangan ikan hias dalam kurun waktu tahun 2012-2019. Tahun 2012 misalnya, nilai ekspor ikan hias mencapai USD 21,01 juta dan pada tahun 2019 mencapai USD 33,11 juta. Adapun negara utama tujuan ekspor ikan hias Indonesia adalah Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang dan Singapura.

Pencapaian ini menempatkan Indonesia sebagai eksportir ikan hias terbesar ketiga di dunia dari nilai perdagangannya. “Sedangkan posisi pertama adalah Singapura dengan 24 persen market share,” ujarnya.

Ads Air Haji

Tak hanya untuk ekspor, permintaan ikan hias dalam negeri juga terus tumbuh. Nilanto mengungkapkan, bisnis ikan hias merupakan salah satu usaha yang tidak terdampak pandemi covid 19. Menurutnya, kebanyakan masyarakat yang membeli ikan hias untuk mengusir kejenuhan selama diterapkannya pembatasan sosial.

Senada, Ketua Komunitas Diskus CBD, Teddy menyebut permintaan semakin tinggi seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang memilih hobi baru memelihara ikan hias selama Pembatasan Sosial Berskala Besar.

“Selain sebagai hobi, ikan hias juga membuka banyak peluang bisnis mulai dari pembenihan, pembesaran, pakan, obat, aksesoris pemeliharaan ikan, pelatihan dan bahkan menjadi YouTuber dengan konten seputar ikan hias,” jelas Teddy.

Berkembangnya bisnis ikan hias serta permintaannya yang semakin tinggi perlu diiringi dengan peningkatan performa industri ikan hias di Indonesia. Karenanya, Nilanto mengajak para pelaku usaha dan para pemangku kepentingan untuk bersinergi dalam penguatan daya saing produk ikan hias.

Salah satu caranya dengan meningkatkan peran raiser ikan hias Cibinong melalui kegiatan pelayanan pengembangan usaha, serta mengembangkan Raiser sebagai pusat promosi, pemasaran ikan hias serta sebagai tempat inkubator bisnis UMKM dan kawasan eduwisata ikan hias. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.