Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ini Penyebab Sektor Pertanian Tumbuh Positif di Saat Pandemi Covid-19

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kinerja sektor pertanian di masa pandemi Covid-19 tidak berpengaruh. Justru, malah tumbuh positif dibandingkan dengan sektor lainnya.

Diketahui, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sektor pertanian berkontribusi sebesar 15,46 persen terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto Indonesia (PDB) Indonesia pada triwulan II/2020. Angka tersebut meningkat dari periode yang sama di tahun lalu yang sebesar 13,57 persen.

Sementara empat sektor terbesar di Indonesia lainnya yang mengalami penurunan yaitu industri minus 6,19 persen, perdagangan minus 7,57 persen, konstruksi minus 5,39 persen, dan pertambangan minus 2,72 persen.

Lantas apa penyebab sektor pertanian tidak berpengaruh namun justru meningkat di musim pandemi? Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Felippa Ann Amanta menjelaskan ada beberapa penyebab.

Pertama, sektor pertanian memproduksi makanan sebagai kebutuhan primer sehingga permintaan cenderung tetap stabil.

Ads Air Haji

“Ya, untuk beberapa komoditas yang bukan makanan pokok seperti peternakan ada penurunan sebesar 1,83 persen dibandigkan tahun 2019,” katanya di Jakarta, Rabu (5/8).

Kedua, sektor pertanian juga cenderung lebih mudah beradaptasi dengan protokol kesehatan dibandingkan dengan sektor lain.

“Aktivitas petani di sawah dan di alam terbuka dan menjaga jarak membuat risiko penularan Covid-19 di sektor pertanian rendah dibanding dengan sektor lainnya,” ujarnya.

Terakhir, banyak orang yang beralih ke sektor pertanian akibat imbas dirumahkan atau PHK. Dari data BPS, sub sektor jasa pertanian dan perburuan meningkat 2,36 pesen secara tahunan (year on year/yoy).

“Misalnya, masyarakat Bali yang ekonominya terpukul karena tuturp di sektor pariwisata beralih menjadi petani,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.