Portal Berita Online
Ads Beras Haji

IPB Ajak Masyarakat Diversifikasi Pangan

0 46

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Institut Pertanian Bogor (IPB) mengajak masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan lahan kecil dan pekarangan rumah ditanami aneka sayur dan buah-buahan. Langkah ini untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui gerakan diversifikasi pangan lestari.

“Masyarakat Indonesia memang harus melakukan diversifikasi pangan untuk meningkatkan mutu konsumsi pangan mereka sehari-hari. Yang paling penting kita harus berkontribusi menghidupkan pertanian Indonesia,” kata Wakil Rektor IPB, Drajat Martianto, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/8).

Menurut Drajat, kegiatan menanam berbasis pangan lestari adalah sebuah keharusan untuk menjawab tantangan kehidupan di masa mendatang. Peringatan Badan Pangan Dunia (FAO) terkait ancaman krisis pangan harus menjadi perhatian bersama.

Ads Air Haji

“Saya kira apa yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) dengan mendorong perguruan tinggi untuk melakukan pengembangan dan pendampingan pangan lestari sangat tepat. Artinya kita bisa menggerakkan mahasiswa untuk melakukan diversifikasi pertanian,” ujarnya.

Sebagai langkah kongkrit, lanjut dia, kampus IPB sudah membagi setiap Satuan Kredit Semester (SKS) mata kuliah pembelajaran teori dengan SKS mata kuliah pembelajaran di lapangan.

“Jadi mahasiswa boleh tinggal di desa sampai satu tahun dua semester. Di mana persemesternya kita akui sebagai 20 SKS. Mereka tidak perlu di kampus karena bisa belajar di kampungnya masing-masing. Tapi tentu harus dengan kegiatan kegiatan semacam ini (diversifikasi pangan),” tukasnya.

Sebelumnya Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa Gerakan Diversifikasi Pangan adalah upaya pemerintah untuk mendorong ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.