Portal Berita Online
Ads Beras Haji

IPB Ciptakan Garam Sehat dari Rumput Laut

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Dosen IPB University Nurjanah berhasil menciptakan inovasi produk garam yang berasal dari rumput laut. Garam ini dipastikan bebas dari hipertensi atau darah tinggi sehingga menyehatkan.

“Inovasi garam rumput laut ini karena adanya tren konsumen yang beralih hidup sehat, sehingga menjadikan garam rumput laut sebagai alternatif untuk mengurangi konsumsi mineral natrium (na),” ujarnya, Selasa (15/9).

Menurut akademisi dari Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), hipertensi merupakan penyakit yang banyak diderita pasien dari berbagai kalangan masyarakat. Setiap tahun kasus penyakit ini meningkat.

Ads Air Haji

Ini karena adanya tren makanan cepat saji tinggi kadar lemak jenuh, garam, gula, dan rendah serat makanan serta mengandung bahan tambahan pangan berupa pengawet, pewarna, pemanis, perisa, pengental, perenyah, penyedap dan lain-lain.

Oleh karena itu, dia melakukan inovasi dari rumput laut pada garam. Di mana wilayah Indonesia 70 persen terdiri dari laut. Ada 555 jenis rumput laut dan sudah dimanfaatkan tidak lebih 10 spesies.

Menurut dia, selain rumput laut sebagai pangan fungsional, juga terciptanya lapangan pekerjaan dari Sabang sampai ke Merauke yang memiliki pantai dengan berbagai jenis rumput laut yang belum dimanfaatkan sampai saat ini.

“Pasien hipertensi bisa memanfaatkan rumput laut yaitu Mg, Zn, Se, Fe, dan Cu yang dibutuhkan tubuh sebagai prekursor untuk antioksidan endogen (SOD, katalase, dan glutation) termasuk K dan lain sebagainya. Selain itu, garam rumput laut kaya akan senyawa aktif yang sudah diteliti memiliki sifat antioksidan,” tukasnya. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.