Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Jadi Primadona, Petani Sayuran di Bungo Tingkatkan Produksi

0 15

BUNGO, KABARPANGAN.ID – Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, komoditas holtikultura sayuran menjadi primadona. Melihat potensi pasar yang luas itu membuat para petani meningkatkan hasil produksinya.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Neneng Hawaliyah, dengan wilayah binaan Dusun Sungai Arang, Kecamatan Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi mengatakan, selalu bersemangat dalam mendampingi Kelompok Tani Tunas Baru wilayah binaannya melaksanakan panen sayuran. Adapun sayuran yang dipanen kali ini di antaranya pare, kacang panjang, kangkung dan bayam.

“Komoditas sayuran menjadi primadona di masa new normal ini. Untuk menghindari dan menyiasati anjloknya harga dari komoditas yang biasa di budidayakan petani, sebagian besar petani memanfaatkan lahan pertanian mereka dengan bertanam sayuran yang mana harga sayuran saat ini masih menjanjikan terutama komoditas kacang panjang, mentimun, pare dan sawi,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (30/7).

Dia menyebutkan, untuk harga kacang panjang Rp6.000, mentimun Rp5.000, sawi (satu gendil/5 ikat) Rp55.000. dan pare Rp6.000.

Ads Air Haji

Sementara Ketua Kelompok Tani Tunas Baru, Hendri menambahkan, di bawah pengawalan dan pendampingan, semangat memanen lahan sayuran yang tentunya mengikuti petunjuk teknis pemanenan.

“Alhamdulillah dengan mengikuti arahan dari penyuluh, maka produksi sayuran terus meningkat,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dibutuhkan peran penyuluh dan petani.

“Dukungan dari penyuluh, petani dan petani milenial juga sangat dibutuhkan untuk mewujudkan gerakan ketahanan pangan nasional, untuk itu ayo bergerak bersama dari mulai hulu sampai hilir penyuluh, petani maupun petani milenial berperan penuh menyukseskan gerakan ini. Tetap semangat olah semangat tanam dan semangat panen, karena pertanian tidak berhenti,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.