Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Jaga Ketahanan Pangan, Masyarakat Kepulauan Meranti Kembangkan Sagu

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Badan Restorasi Gambut (BRG) melibatkan kelompok masyarakat di Kabupaten Meranti, Kepulauan Riau, mengembangkan perkebunan sagu. Penanaman itu di lahan seluas 100 hektar (ha).

“Sebanyak 24 ribu batang sagu ditanam di lahan seluas 100 hektar di Kabupaten Meranti, Kepulauan Riau,” ujar Ketua Kelompok Kerja Restorasi Wilayah Sumatera BRG, Soesilo Indrarto dalam keteranganya, Sabtu (29/8).

Lanjut dia, lahan perkebunan sagu tersebut dikembangkan di empat desa di Kecamatan Meranti yakni Desa Mayang Sari, Desa Mekar Sari, Desa Bagan Melibur, dan Desa Sungai Anak Kamal.

“Daerah tersebut memang punya potensi sagu, tapi tidak digali. Kita ingin membantu, diversifikasi produk selain dijadikan makanan sagu,” katanya.

Ads Air Haji

Koordinator Pokmas Mekar Sari Junaedi mengatakan program kerja sama BRG dan masyarakat ini membuka peluang kerja baru bagi masyarakat. Beberapa orang mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia bisa kembali mencari nafkah di desa tempat asal mereka melalui program ini.

Menurut Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan Ide Agung, pemanfaatan sagu sebagai tanaman untuk ketahanan pangan merupakan langkah strategis.

“Sagu adaptif terhadap perubahan iklim dan juga penyelamat pangan di masa depan,” katanya.

Dia menyebutkan, Indonesia memiliki potensi sagu terbesar di dunia yang mencapai 5,5 juta hektar dari total 6,5 juta hektar lahan sagu dunia. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.