Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Jangan Anggap Remeh, Perubahan Lingkungan Timbulkan Banyak Penyakit Baru

0 21

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Perubahan lingkungan memiliki korelasi yang kuat terhadap munculnya berbagai penyakit baru. Hal ini mesti diwaspadai masyarakat, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Haryoto Kusnoputranto mengatakan, banyak masyarakat yang belum paham soal lingkungan berhubungan dengan munculnya berbagai penyakit. Padahal, perubahan iklim turut munculnya penyakit yang belum pernah ada sebelumnya.

“Salah satu pemicu perubahan iklim adalah deforestasi. Peningkatan deforestasi telah menimbulkan dampak pada perubahan iklim global yang mempercepat pola persebaran penyakit menular seperti Covid-19, SARS, MERS,” ujarnya dalam video daring, pekan ini.

Selain itu, lanjut dia, deforestasi juga memiliki andil akan hilangnya bahan baku berpotensi untuk obat-obatan yang mampu memperkuat kekebalan atau imunitas pada tubuh manusia.

Ads Air Haji

“Deforestasi juga dapat merusak habitat hewan mampu menyebarkan penyakit ke lokasi lain, sehingga pola penyebaran penyakit menjadi semakin meluas,” katanya.

Untuk itu, lanjut dia, diperlukan upaya meminimalisasi dampak pandemi melalui sistem pembangunan berkelanjutan.

“Perubahan lingkungan harus mengacu pada pola pembangunan berkelanjutan, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit, meningkatkan produksi pangan dan konservasi keanekaragaman hayati,” tegasnya.

Sementara Menteri Kesehatan RI Kabinet Reformasi Pembangunan 1998, Farid Anfasa Moeloek memaparkan, ketidakstabilan dalam lingkungan bisa menimbulkan penyakit pada manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Ketika lingkungan mengalami ketidakseimbangan maka dapat menyebabkan isi bumi ini sakit. Oleh karena itu harus menyeimbangkan lingkungan,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.