Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kado Hut RI ke-75: Pertamina Produksi D-100 dari Minyak Sawit

0 24

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Momentum HUT ke-17 Kemerdekaan RI, PT Pertamina (Persero) mempersembahkan inovasi terbaru berupa produksi Green Diesel D-100 yang menggunakan bahan baku 100 persen minyak kelapa sawit.

Lompatan besar ini mendapat apresiasi Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya pada Jumat (15/8) kemarin, bahwa upaya besar telah dan sedang dilakukan dalam membangun kemandirian energi.

“Tahun 2019, kita sudah berhasil memproduksi B20, dan tahun ini (2020) sudah mulai B30, sehingga bisa menekan impor minyak,” ujar Presiden.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, Indonesia punya semua apa yang diperlukan, tinggal kemudian bagaimana kita secara smart mengolah sumber daya ini menjadi energi yang bisa menciptakan kemandirian dan kedaulatan energi nasional.

Menurut Nicke, bahan bakar ramah lingkungan D-100 menjadi ikhtiar Pertamina mewujudkan Nawacita yakni mengoptimalkan sumber daya dalam negeri untuk membangun ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.

Ads Air Haji

Nicke menambahkan, Green Diesel D-100 memanfaatkan sumber daya minyak sawit yang melimpah di dalam negeri sebagai bahan baku utamanya, sehingga bahan bakar tersebut memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang sangat tinggi.

“Dengan demikian, produksi D-100 ini sekaligus juga akan menekan defisit impor bahan bakar minyak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Nicke dalam keterangannya, Senin (16/8).

Uji coba produksi Green Diesel di Kilang Dumai sudah dimulai sejak 2014 dengan melakukan injeksi minyak sawit jenis Refined, Bleached, and Deodorized Palm Oil (RBDPO) secara bertahap.

Dimulai dari injeksi 7,5 persen RBDPO pada Desember 2014, kemudian 12,5 persen pada Maret 2019, dan terakhir 100 persen pada Juli 2020.

Dalam uji coba performa melalui road test sepanjang 200 km, D-100 yang dicampur dengan Solar dan FAME, terbukti menghasilkan bahan bakar diesel yang lebih berkualitas dengan angka cetane number lebih tinggi, lebih ramah lingkungan dengan angka emisi gas buang yang lebih rendah, serta lebih hemat penggunaan bahan bakar.

Produksi Green Diesel D-100 diproses dengan bantuan katalis yang dibuat oleh putra-putri bangsa sebagai hasil kerja sama Research & Technology Center Pertamina dan Institut Teknologi Bandung (ITB). (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.