Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kayu Albasia dan Jabon Cilegon Diekspor ke AS

0 15

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kabupaten Cilegon, Provinsi Banten, melakukan ekspor kayu Albasia dan Jabon sebanyak 209,43 meter (m) senilai Rp 1,2 miliar ke negara Amerika Serikat (AS).

Albasia dan Jabon merupakan jenis kayu yang familiar dalam industri kayu lapis Indonesia. Memiliki sifat mudah dibentuk dan mempunyai ketahanan yang baik, sangat cocok sebagai bahan baku pembuatan kayu lapis.

Data IQFAST Karantina Pertanian Cilegon mencatat, sepanjang tahun 2020 telah melayani sertifikasi pada lalulintas kayu lapis sebanyak 8.623 m atau senilai Rp 48 miliar.

Ads Air Haji

Sebelum diterbitkan sertifikat phytosanitari, Pejabat Karantina yang ditunjuk melakukan pemeriksaan administrasi, pemeriksaan teknis, kemasan kayu, hingga alat angkut untuk memastikan bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan/Karantina (OPT/K) di gudang pemilik.

“Pemeriksaan administrasi untuk memastikan dokumen asal adalah benar dan sah. Terdapat dokumen pendukung seperti shipping instruction (Instruksi Pengapalan), invoice (faktur pembelian), dan packing list (dokumen packing),” ujar Budi Setyawan selaku Pejabat Karantina Tumbuhan pemeriksa dalam keterangannya, Sabtu (29/8).

Menegaskan hal itu, Kepala Balai Karantina Pertanian Cilegon Arum Kusnila Dewi mengatakan, bahwa ketidaksesuaian antara dokumen dan fisik dapat berakibat negara tujuan menolak komoditas ini.

“Dengan memperhatikan ketentuan Sanitary and Phytosanitary (SPS) Measures dan syarat negara tujuan, Karantina Pertanian memfasilitasi ekspor komoditas pertanian dengan menerbitkan serifikat phytosanitari,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.