Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kelapa Indonesia di Pasar Thailand Lebih Unggul dari Vietnam

0 8

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Nilai ekspor Indonesia konsisten menunjukkan kenaikan positif bulanan, maupun secara tahunan. Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, nilai ekspor Indonesia pada Juni 2020 naik dibandingkan Mei 2020.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan, capaian ini harus dijaga dan ditingkatkan dengan melakukan pemetaan daya saing (keunggulan komparatif) produk pertanian Indonesia.

Ads Air Haji

“Hasil FGD Indonesia-Malaysia-Thailad Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei-Indonesia-Malaysia-Phillipines East ASEAN Growth (BIMP-EAGA) menunjukkan komoditas subsektor perkebunan seperti minyak atsiri, pinang, kapas, cempedak, kakao, sangat potensial di pasar Filipina. Kemudian kelapa kita di Thailand mampu bersaing dengan kelapa Vietnam,” kata Kuntoro di Jakarta, pekan ini.

Lebih lanjut, dia menjelas bahwa perdagangan pertanian Indonesia dengan mitra dalam kerangka kerja sama IMT-GT dan BIMP-EAGA masih mengalami surplus. Hal ini menunjukkan bahwa walaupun di tengah wabah pandemi covid-19 yang masih melanda dunia, kinerja sektor pertanian Indonesia terus konsisten dan positif.

Melansir Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor Indonesia pada Juni 2020 mencapai USD 12,03 milar. Capaian ini meningkat 15,09 persen dibandingkan Mei 2020 yang mencapai USD 10,53 miliar. Hal tersebut merupakan sinyal yang positif untuk sektor pertanian Indonesia. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.