Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kembangkan Sektor Pertanian Dibutuhkan Dana Rp 80 Triliun

0 29

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – DPR RI menilai untuk mengembangkan sektor pertanian dibutuhkan minimal anggaran sebesar Rp 80 triliun. Dengan demikian, selain dapat mewujudkan ketahanan pangan juga bisa menyejahterakan para petani.

“Setelah menghitung bersama teman-teman (anggota DPR), dibutuhkan (dana) minimal Rp 80 triliun untuk kebutuhan para petani kita,” ujar anggota Komisi VI DPR RI, Herman Khaeron, dalam video daring, belum lama ini.

Menurutnya yang juga sebagai Ketua Umum Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI), anggaran tersebut sangat diperlukan mengingat para petani belum maksimal dalam mendapatkan hasil jualnya, yang disebabkan distribusi yang terlalu panjang.

Ads Air Haji

“Kenapa tidak efisien, karena mata rantainya terlalu panjang. sementara produksi para petani kita rata-rata di dalam menghasilkan produknya dalam skala kecil,” katanya.

Sementara, lanjut herman, pupuk bersubsidi diprediksi akan habis pada bulan Oktober. Kondis ini berpotensi memperkecil kesempatan petani untuk mendapat keuntungan.

“Bulan Oktober, masanya petani untuk mendapatkan keuntungan, kan sekarang musim hujannya agak banyak, kemudian untuk mendapatkan benefit sebelum masuk musim kemarau, pupuknya tidak ada. Nah, nanti petani kita tidak memiliki semangat untuk membangun dirinya,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.