Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kemendag: Ekspor Pangan Indonesia Melimpah

0 8

JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan, ekspor pangan Indonesia melimpah ruah. Beragam jenis pangan, yaitu mulai padi-padian, ikan, kacang-kacangan, hingga sagu-saguan telah masuk pasar ekspor.

“Sangat banyak sekali jenis bahan pangan yang kita hasilkan. Semuanya bisa saja diekspor. Jadi, bukan hanya terbatas pada mi instan, kakao, atau kopi, tetapi semua produk pangan bisa saja diekspor,” ujarnya dalam video daring, Kamis (27/8).

Kuncinya, menurut dia, adalah inovasi dalam semua aspek baik pengolahan, pemasaran, kemasan, dan sebagainya. Dalam pengolahan, sebuah produk harus mengikuti standar-standar yang diterapkan oleh negara sasaran ekspor.

Sebuah negara bisa saja menetapkan standar kesehatan, ekologis, dan sebagainya yang harus dipenuhi oleh para eksportir dari negara lain. Selain itu, pendekatan-pendekatan dalam pemasaran harus dilakukan secara komprehensif mulai dari pameran, penjajakan kesepakatan dagang (business matching), iklan, dan seterusnya.

Ads Air Haji

Dalam pengemasan, produsen juga harus bisa memenuhi standar dan ekspektasi konsumen agar menarik serta meningkatkan nilai tambah.

Dia menyadari, meningkatkan ekspor pangan adalah tantangan tersendiri. Sektor pertanian dan pangan biasanya lebih proteksionis dibandingkan dengan sektor lain. Ini terjadi di semua negara karena sektor pangan biasanya menyangkut kepentingan yang sangat kompleks.

Tetapi hal itu tidak berarti tidak bisa diatasi. Hal ini karena selain keunggulan kompetitif, juga ada keunggulan komparatif Indonesia yang diakibatkan oleh faktor tanah dan iklim.

“Misalnya saja produk gandum, Indonesia memang harus impor karena memang tidak bisa menanam sendiri secara optimal. Produk Indonesia juga banyak yang memiliki keunggulan komparatif, seperti buah-buahan. Banyak buah-buahan yang hanya bisa hidup di iklim tropis atau bahkan endemik Indonesia. Jadi itu bisa jadi modal tersendiri bagi kita,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.