Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kemendag Genjot Ekspor Kopi ke Meksiko

0 23

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong ekspor produk kopi Indonesia ke pasar Meksiko melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City. Hal ini mengingat besarnya minat komunitas penikmat kopi di Meksiko terhadap cita rata kopi Indonesia.

“Di Meksiko, kegiatan minum kopi sebagai suatu kebutuhan dan gaya hidup. Dengan keberagaman dan karakteristik yang kuat, kopi Indonesia berpeluang untuk semakin dikenal di pasar Meksiko,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto di Jakarta, Jumat (14/8).

Indonesia dan Meksiko merupakan mitra dagang potensial dengan jumlah total penduduk kedua negara mencapai sekitar 400 juta jiwa. Meskipun Meksiko merupakan salah satu negara penghasil kopi, namun kopi Indonesia berhasil merebut 50 persen pangsa pasar kopi impor di Meksiko.

Ads Air Haji

“Di pasar Meksiko, untuk kopi Indonesia, jenis kopi dengan pangsa pasar terbesar yaitu kopi Sumatera sebesar 35 persen dan kopi Jawa sebesar 15 persen,” ujarnya.

Kepala ITPC Mexico City Guntur Prima menjelaskan, salah satu strategi yang dilakukan ITPC Mexico City untuk medorong ekspor kopi Indonesia, yaitu dengan mendirikan co-working space di kantor baru ITPC Mexico City dalam bentuk kedai kopi.

“Kedai kopi ini menjadi salah satu sarana promosi beragam kopi Indonesia. Melalui kedai kopi ini, masyarakat Meksiko diharapkan akan semakin mengenal kopi Indonesia,” ujar Guntur.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), periode Januari hingga Juni 2020, total perdagangan Indonesia Meksiko mencapai USD 597,53 juta. Pada periode itu untuk ekspor kopi tercatat sebesar USD 504 ribu yang menyumbang 0,11 persen dari total ekspor Indonesia ke Meksiko. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.