Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementan 420 Kali Gagalkan Penyelundupkan Unggas Ilegal Hingga September 2020

0 18

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) mencatat telah menggagalkan sebanyak 420 kali upaya penyelundupan unggas ilegal hingga September 2020 ini. Unggas ilegal tersebut berasal dari luar negeri dan antar wilayah domestik, dengan jumlah total 41.712 ekor di seluruh Indonesia.

Tindakan penahanan, penolakan dan pemusnahan (3P) ini dilakukan karena unggas tersebut didistribusikan tanpa disertai dengan jaminan kesehatan dan keamanan dari negara atau lokasi asal.

“Tindakan karantina 3P ini berhasil kami lakukan berkat kerjasama yang baik dengan aparat keamanan, yakni TNI dan Polri serta instansi terkait yakni bea cukai, imigrasi dan keamanan,” ujar Kepala Barantan, Ali Jamil dalam keterangannya, Jumat (11/9).

Ads Air Haji

Jamil menyatakan, pihaknya melakukan peningkatan pengawasan, penguatan sistem perkarantinaan dan laboratorium uji.

Selain itu tidak kalah pentingnya yakni melakukan edukasi kepada masyarakat agar turut mendukung tugasnya dengan patuh dan displin melaporkan produk pertanian yang dilalulintaskan, baik ekspor, impor maupun antar area.

Ke depan, kata dia, untuk memperkuat pengawasan, Barantan akan dilengkapi dengan perlengkapan XRay dan teknologi bio sensor.

“Hal ini sejalan dengan arahan menteri pertanian yang menegaskan bahwa pintu keluar dan masuk komoditas pertanian agar bisa berfungsi lebih maksimal, dalam kondisi aman dan sehat dengan pengawasan yang ketat,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.