Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementan: Bogor Potensi Jadi Kota Sayur

0 13

BOGOR, KABARPANGAN.ID – Kota Bogor dikenal sebagai kota hujan, sehingga dapat menjadi daerah penghasil sayuran. Jika dikembangkan, maka Bogor bisa menjadi Kota Sayur, yang nantinya bisa menyuplai pangan ke wilayah lain, terutama ke Jakarta.

Oleh karena itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP)Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mendorong pemanfaatan lahan pekarangan sebagai penopang ketahanan pangan keluarga di Kota Bogor.

Hal itu disampaikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada Jumat (25/7) kemarin.

Ads Air Haji

“Selain dapat dikembangkan sebagai sumber pangan yang beragam dan bergizi bagi keluarga, pemanfaatan lahan pekarangan juga berperan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berproduksi sehingga menggerakkan ekonomi, karena hasil pekarangan potensial sebagai sumber pendapatan keluarga,” kata Agung.

“Saya melihat ini sebagai penyuplai pangan, Bogor ini yang paling dekat dengan Jakarta, ke depan saya harap Bogor bisa menjadi Kota Sayur yang menyuplai pangan ke Ibukota” tambahnya.

Apa yang disampaikan Agung tersebut selaras dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan yang menegaskan bahwa pertanian di pekarangan menjadi jawaban di tengah dampak pandemi Covid-19 dan ancaman krisis pangan yang melanda dunia.

Pertanian pekarangan menjadi salah satu upaya diversifikasi pangan yang digalakkan oleh Kementan melalui program peningkatan ketersediaan pangan di era new normal yang meliputi peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi pangan lokal, penguatan cadangan dan sistem logistik pangan, serta pengembangan pertanian modern. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.