Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementan dan Kemenkop Percepat Pengembangan Korporasi Petani Berbasis Koperasi

0 50

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) serius menindaklanjuti kerja sama pengembangan korporasi petani berbasis koperasi.

Pada Jumat (24/7) di Jakarta, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki membahas kelanjutan realisasi pengembangan korporasi petani. Realisasi tersebut ditunda karena adanya pandemi Covid-19.

“MoU sudah ditandatangani Januari lalu. Namun belum mulai karena harus refocusing pasca Covid-19. Sekarang mulai lagi proyek bersama korporatisasi petani,” kata Teten.

Dia menjelaskan, melalui koperasi akses pasar untuk menjual hasil produksi para petani berbasis keadilan. Oleh karena itu, kedua kementerian ini akan mempercepat korporatisasi petani.

Ads Air Haji

“Sinergi antara Kemenkop dan Kementan guna percepatan korporatisasi petani dengan berbasis koperasi,” ujarnya.

Senada, Syahrul mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan kerja sama itu di hulu, yaitu produktivitas pertanian, holtikultura, tanaman pangan, perkebunan, dan peternakan.

“Sehingga harga komoditas pertaian bisa dijamin dengan baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada 27 Januari 2020 lalu, Menkop Teten dan Mentan Syahrul menandatangani kesepakatan kerja sama pengembangan Korporasi Petani Berbasis Koperasi Dalam Rangka Industrialisasi Pertanian. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.