Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementan Dorong Kabupaten Malang Jadi Produsen Bibit Unggul

0 11

MALANG, KABARPANGAN.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendorong Kabupaten Malang, Jawa Timur sebagai produsen bibit unggul dan berkualitas. Pasalnya, Kabupaten Malang memiliki potensi besar dalam mengembangkan budidaya buah dan aneka tanaman hortikultura.

“Di Kabupaten Malang akan kami terus dorong demi menghadirkan bibit-bibit yang unggul dan berkualitas,” ujar Mentan SYL dalam keterangannya, Kamis (3/9).

Dikatakannya, Kabupaten Malang memang sejak lama dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam bidang pembibitan. Kualitas dan keunggulan bibit dari Malang berkat kolaborasi antara kelompok petani dan pemerintah daerah.

Ads Air Haji

“Saya menyaksikan ada bibit alpukat kita yang dikembangkan dengan cukup apik dan saya yakin ini akan menjadi kontribusi sumbangsih hadirnya alpukat-alpukat kualitas tinggi di negara Indonesia,” ucapnya.

Penakar bibit alpukat dari Kelompok tani Karya Makmur Gapoktan Nakula Nyoto mengaku senang mendapat bantuan dari Kementan di antaranya pelatihan pascapanen, budidaya dan bantuan alsintan yang cukup masif.

Dia mengungkapkan, usaha alpukat mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selama dua tahun terakhir, dia mengirim hasil panennya ke berbagai daerah.

“Permintaan buah sangat tinggi. Untuk buah yang berumur 15 tahun bisa menghasilkan pendapatan Rp 22 juta. Sementara umur lima tahun bisa menghasilkan Rp 7 juta,” tukasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.