Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementan Fokus Enam Diversifikasi Pangan Lokal

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) tengah fokus menjalankan diversifikasi pangan berbasis kearifan lokal kepada satu komoditas utama per provinsi. Ada enam fokus komoditas pangan di antaranya ubi kayu, jagung, sagu, pisang, kentang dan tales.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan, diversifikasi pangan lokal akan membantu ketahanan pangan masyarakat.

“Ada potensi pangan lokal yang luar biasa dalam mendukung program diversifikasi pangan. Kita memiliki pangan lokal di luar beras. Program diversifikasi membantu masyarakat Indonesia swasembada pangan,” ujar Kuntoro dalam keterangannya, Rabu (9/9).

Untuk produktivitas, lanjut Kuntoro, potensi produktivitas ubi kayu mencapai 10 ton per hektar (ha) dan pisang potensinya mencapai 80 ton per ha. Karenanya, perlu mendorong pasar untuk memperkenalkan produk.

Ads Air Haji

“Jadi imej pangan lokal harus ditingkatkan supaya menarik semua orang untuk konsumsi,” ucapnya.

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Riwantoro mengatakan, diversifikasi akan dapat efektif masyarakat harus sudah mulai melakukan diversifikasi pangan untuk kebutuhan sehari-hari.

Disebutkan, Kementan menargetkan penurunan konsumsi beras nasional sebesar 7 persen. Khusus tahun 2020 rata-rata konsumsi beras ditargetkan turun ke posisi 92,9 per kg per kapita per tahun dari posisi tahun lalu sebesar 94,9 per kg per kapita per tahun.

Hingga tahun 2024 mendatang, ditargetkan konsumsi sudah turun 7 persen ke posisi 85 per kg per kapita per tahun. Penurunan itu setara 1,77 juta ton senilai Rp 17,78 triliun. Namun penurunan konsumsi beras dapat tercapai apabila ada intervensi dari pemerintah. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.