Portal Berita Online

Kementan Genjot Ekspor Bubuk Akar Kayu Kuning dan Jahe Asal Biak ke Cina

0 10

BIAK, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong ekspor bubuk akar kuning dan jahe asal Biak, Papua, ke pasar Cina. Karantina Pertanian Biak mencatat, April 2020 telah memeriksa 12,5 ton dengan nilai ekonomi Rp 366 juta bubuk akar kayu kuning sebelum menerbitkan Phytosanitary Certificate sebagai persyaratan ekspor.

“Ini adalah ekspor perdana dari Biak, setelah sebelumnya di bulan Maret pengiriman sampel dikirimkan ke Cina. Kami berharap ekspor bubuk akar kayu kuning ini bisa rutin dilakukan,” ujar Kepala Karantina Pertanian Biak, A Azhar dalam keterangannya, Sabtu (5/9).

Azhar berharap ekspor akar kayu kuning dapat menjadi komoditas unggulan ekspor asal Biak, menyusul ekspor kayu lapis atau plywood yang sudah rutin dilakukan.

“Kami akan lakukan pendampingan teknis pemenuhan standar persyaratan ekspor sesuai dengan kesepakatan internasional, agar dapat menambah negara tujuan ekspor,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil menyampaikan, akan terus mendorong unit kerja di lingkup kerjanya untuk terus mengejar target program peningkatan tiga kali lipat ekspor komoditas pertanian (Gratieks).

“Tidak ada yang mustahil asalkan kita serius dalam bekerja, InsyaAllah pasti akan selalu ada jalan untuk meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia,” tukasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.