Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementan Genjot Industri Tepung Tapioka dan Sagu

0 11

BABEL, KABARPANGAN.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus memperkuat ketahanan pangan melalui komoditas pangan lokal, salah satunya pengembangan budidaya ubi kayu hingga industri tapioka dan komoditas sagu.

Sebagai bentuk komitmen Kementan, Mentan SYL melakukan kunjungan kerja pabrik tepung tapioka dan sagu di Bangka Induk, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Mentan didampingi Gubernur Babel Erzaldi Rosman meninjau PT Bangka Asindo Agri (BAA) pabrik tepung tapioka yang sudah lama berdiri di Kabupaten Bangka. Di Babel, ubi kayu sebagai komoditas tanaman pangan yang sedang gencar-gencarnya digalakkan sebagai pengembangan pangan lokal.

Mentan mengatakan, untuk menjaga pasokan pangan tetap aman terutama di masa pandemi Covid-19, perlu alternatif pengembangan pangan lokal seperti sagu, ubi kayu, ubi jalar, jagung, talas, sorgum, dan lainnya.

“Penguatan pangan lokal sangat penting mengingat sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan saat ini menjadi pengungkit utama pertumbuhan perekonomian nasional,” katanya, Sabtu (8/8).

Ads Air Haji

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyatakan sangat mendukung upaya Kementan yang memprioritaskan program ketahanan pangan lokal. Dengan demikian, diversifikasi pangan menjadi salah satu alternatif yang harus serius dikembangkan.

“Di Babel ada lima pabrik tapioka sejenis. Kita selalu mengimbau kerjasama kemitraan dengan petani. Petani kami imbau bisa menyediakan bahan baku secara kontinu dan berkualitas agar industri dapat terus berjalan,” pungkasnya.

PT BAA salah satu industri yang bergerak di tepung tapioka dan sagu telah lama mengembangkan tepung tapioka bebahan baku singkong.
Industri ini, per hari membutuhkan bahan baku singkong 125 ton.

Untuk memenuhi industri tersebut diperlukan panen singkong/ ubi kayu 20-25 ha/hari atau setara dengan 9.000 ha/ tahun.

Selama ini, pasar tapioka ke Palembang, Lampung, Surabaya dan Sidoarjo dan kota lainnya di Indonesia. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.