Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementan Gerak Cepat Berantas Hama di Sumut

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan gerak cepat dalam merespon laporan adanya hama Wereng Batang Cokelat (WBC) di beberapa lokasi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan mengadakan bimbingan teknik (bimtek) dan gerakan pengendalian (gerdal).

Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) Ernie Tauruslina mengatakan, bimtek dan gerdal dilakukan di beberapa lokasi antara lain Desa Sementara, Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai, Desa Pintu Air Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat dan Desa Teluk Meku Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat.

“Tujuan bimtek dan gerdal sebagai salah satu upaya dalam pengamanan produksi untuk menjaga agar produksi tetap aman,” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (25/8).

Lanjut dia, bahwa BBPOPT beserta tim Pusat dari Kementan berkomitmen untuk mengawal kegiatan pengamanan produksi pangan nasional.

Ads Air Haji

“Oleh karena itu kami merespon cepat jika ada laporan serangan OPT seperti Wereng Coklat yang terjadi di Sumatera Utara,” katanya.

Selain kegiatan bimtek dan gerdal, POPT BBPOPT yaitu Ulfah Nuzulullia dan Sudarti juga melakukan bimbingan teknis penerapan peramalan OPT spesifik lokasi di BPTPH Sumut. Ulfah menjelaskan kegiatan ini bertujuan agar instansi daerah yaitu UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi dapat mengembangkan model peramalan spesifik lokasi.

“Selanjutnya dapat menerapkannya sehingga dapat diketahui prakiraan serangan OPT di daerah tersebut dan dilakukan tindakan antisipasi,” kata dia.

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengatakan, Kementan terus fokus meningkatkan produksi pangan khususnya padi.

“Kementan melalui BBPOPT telah mengerahkan petugas lapangan untuk terus mendampingi petani dan mengawal pertanaman hingga panen tiba. Harga hasil panen pun telah diantisipasi sejak dini,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.