Portal Berita Online

Kementan kerek Harga Lada di Pasar Ekspor

0 7

BABEL, KABARPANGAN.ID – Harga jual lada terus mengalami penurunan. Hal ini seiring tren harga di pasar internasional yang rendah. Menyikapi hal ini, Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan strategi untuk mendongkrak harga lada.

Dia mencontohkan, petani lada di Kabupaten Belitung. Kementan meminta petani setempat menjual lada dalam bentuk kemasan, sehingga akan bernilai lebih tinggi.

“Misalnya di Kabupaten Belitung, jika biasanya menjual lada dalam bentuk biji atau curah, maka sekarang coba dikemas. Dengan begitu, harganya menjadi labih tinggi,” kata Direktur Tanaman Semusim dan rempah Kementan, Hendratmojo Bagus Hudoro, di Belitung, Sabtu (8/8).

Dia menambahkan, dengan menjual lada dalam kemasan kemudian diberikan merek, maka harga jualnya akan terkerek, dan menguntungkan petani.

Saat ini, kata dia, lada yang dijual dalam bentuk curah Rp 47.000 per kilogram (kg). Namun, jika menjual dalam bentuk kemasan bisa mencapai Rp 70.000 per kg.

“Belitung kan terkenal dengan pusat wisata nasional dan internasional. Pasti wisatawan yang ke sini ingin oleh-oleh khas sini. Nah, di sini kan terkenal dengan Muntok White Pepper (lada putih Muntok),” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.