Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementan Optimalkan Fungsi Balai Penyuluhan Pertanian

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas pertanian nasional. Oleh karena itu, sesuai dengan program Komando Strategis Pertanian (Kostratani), Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP dalam menggerakkan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

“Kementan telah menginisiasi pembentukan BPP model Kostratani, Sosialisasi kebijakan dan program lebih mudah dan intensif melalui video conference,” ujar Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi di Kabupaten Serang, Banten, Rabu (5/8).

Salah satunya, kata Dedi, Kementan mengoptimalkan peran BPP Model Kostratani yang di wilayah Kabupaten Serang, Banten.

Ads Air Haji

“Kementan akan mengoptimalkan fungsi BPP dan para penyuluhnya di Kabupaten Serang dengan pilot project BPP Padarincang dan BPP Kramatwatu,” katanya.

Rencana tersebut disambut baik oleh Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa. Dia mengatakan, sejak reformasi, penyuluh seperti kehilangan induk dan pemerintah daerah (pemda) tidak memiliki kapasitas dalam pengelolaan BPP dan peningkatan kemampuan para penyuluh.

“Saat ini 130 penyuluh di Kabupaten Serang harus dioptimalka kembali dan mendapatkan perhatian yang lebih baik, baik dari sisi karir maupun pendapatan. Selain itu, banyak juga produk-produk unggulan yang belum dikelola secara optimal seperti cokelat dan jagung,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya Kostratani, produktivitas komoditas akan meningkat secara signifikan, serta sinergi dengan instansi terkait untuk pasca panen, pengolahan, dan pemasaran dapat berjalan dengan baik. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.