Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kementerian LHK Lewat KPH dan Resor Cegah Kebakaran Hutan Berulang

0 14

AKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkuat pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berulang melalui penguatan program Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan pembangunan resor di tiap KPH.

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan analisis data berbasis peta sebagai bahan dalam mencari solusi dan penanganan yang tepat dan permanen dalam upaya pencegahan dan pengendalian karhutla di wilayah Kalimantan Timur.

“Pada areal yang terbakar, perlu dianalisis masalahnya dan dicarikan solusi yang tepat. Antara lain melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat dengan pemberian akses legal, dan dilakukan pendampingan kepada masyarakat agar areal tersebut dapat dipulihkan kembali sehingga menjadi produktif,” katanya dalam keterangannya, baru-baru ini.

Ads Air Haji

Lanjut dia, areal yang sudah terbakar berulang selama lima tahun harus dikelola pemerintah berbasis masyarakat. Salah satunya, melalui penguatan KPH dan resor.

Dengan adanya resor, dia berharap, nantinya akan lebih memudahkan pemerintah untuk berkoordinasi bersama masyarakat sehingga nantinya areal tersebut tidak terbakar lagi.

“Peran KPH melalui pembangunan kantor resor akan bisa meningkatkan pengelolaan hutan berbasis masyarakat,” tambah dia.

Dalam pencegahan karhutla berulang, KLHK melibatkan Brigade Pengendalian Karhutla KPH, Penyuluh Kehutanan, Polisi Kehutanan KPH, IUPHHK-HTI/ IU Perkebunan, Bakti Rimbawan, BABINKAMTIBMAS (POLRI), BABINSA (TNI), Perangkat Desa, dan Masyarakat Peduli Api (MPA). (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.