Portal Berita Online

Kendalikan Harga, Apresiasi Untuk Satgas Pangan

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Peran Satuan Tugas (Satgas) dalam menstabilkan harga di musim pandemi Covid-19 sangat besar. Karenanya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan apresiasi terhadap Polri yang tergabung dalam Satgas Pangan.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto turun langsung memberikan penghargaan kepada Kapolri yang diwakili oleh Kabareskrim (Komjen Listyo Sigit Prabowo) serta para pelaku usaha dan asosiasi terkait. Tampak hadir juga Ketua Satgas Pangan Daniel Tahi Monang Silitonga.

Adanya Satgas Pangan, tercatat selama pandemi harga relatif stabil dan bahkan terjadi deflasi yang diakibatkan menurunnya aktivitas ekonomi. Indeks harga konsumen tercatat mengalami deflasi 0,1 persen didorong oleh deflasi sektor makanan, minuman dan tembakau yang sebesar 0,73 persen.

“Secara khusus saya turut mengapresiasi kapolri, juga tentu saja ketua Satgas Pangan dan dirut Bulog. Yang tidak dilupakan tentu para petani, peternak, pedagang, pelaku usaha, asosiasi dan semua stakeholder terkait. Tanpa kehadiran mereka tentu kita akan sulit memenuhi target ketersediaan dan kestabilan harga pangan,” Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga di Jakarta, Rabu (26/8).

Jerry menekankan bahwa komoditas pangan selalu menempati peran yang paling signifikan dalam setiap kejadian khusus seperti pandemi ini.

Menurut dia, dalam pandemi, orang hanya lebih terfokus untuk melakukan penyelamatan diri atau mitigasi. Pangan adalah bagian krusial dalam mitigasi karena bukan hanya menyangkut keselamatan individu tetapi juga kestabilan sosial, ekonomi dan politik.

“Kami berusaha melakukan upaya baik di lingkup domestik maupun perdagangan internasional agar kita bisa memenuhi permintaaan bahan pangan masyarakat dengan harga yang stabil,” pungkasnya. (mh/kp)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.