Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Keren! Anak Penjaga Hutan Kuliah S3 di Jepang

0 11

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Sawitri, gadis 26 tahun anak penjaga hutan di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menginspirasi banyak orang. Ya, meski seorang anak penjaga hutan, dia bisa menempuh pendidikan setinggi mungkin.

Tidak hanya sampai S2, tetapi ia juga tengah menempuh S3. Yang bikin takjub lagi, pendidikan S3-nya ditempuh di negara Jepang. Pada September 2020, studinya ditargetkan akan rampung. Dia mulai masuk kuliah tahun 2017.

Sejak kecil ia telah bergelut dengan hutan Kesehariannya ini membuat ia mencintai hutan. Saking cintanya dengan hutan, ia kuliah di Fakultas Kehutanan UGM. Belum puas menggali ilmu tentang hutan, ia melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di prodi yang sama.

Ads Air Haji

Sawitri rupanya masih juga belum puas atas ilmu yang didapatnya di bangku S2. Dia kemudian melanjutkan pendidikan S3 di Jepang.

Benih-benih cinta pada hutan timbul bermula dari kesehariannya yang akrab dengan suasana hutan. Maklum saja, sejak kecil, ia sudah tinggal di dalam hutan.

Sang ayah, Tukiyat, sejak 1991 sudah tinggal di hutan. Ini karena memang profesinya sebagai penjaga hutan Wanaga yang dikelola oleh UGM.

Tinggal di hutan itu tidak ada tetangga. Yang ada hanya pepohonan dan semak belukar. Namun tidak menghalangi Sawitri untuk belajar. Kini, impiannya sudah di depan mata. Sukses buat Sawitri! (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.