Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Keren! Siswa SMK Ciptakan Alat Pengusir Hama

0 7

BANTUL, KABARPANGAN.ID – Tidak menyangka seorang siswa SMK, Ihsan Muchlis Amiruddin,  mampu menciptakan alat pengendali hama atau penyakit pada tanaman bawang merah, yakni light trap.

Teknologi ini menggunakan lampu LED UV. Alat ini ramah lingkungan, dan tentu saja mampu menangkap dan menarik serangga yang tertarik cahaya di malam hari.

Ide pembuatan alat tersebut berawal dari keprihatinan melihat orang tuanya yang kesulitan mengendalikan hama ulat bawang merah.

“Kemudian saya mencari informasi dan berhasil mengembangkan alat dengan menggunakan tenaga surya taua diberinama light trap insect. Selain bawang merah, alat ini bisa digunakan komoditas tanaman sayuran lainnya,” ungkapnya di Bantul, Yogyakarta, Jumat (21/8).

Dia menjelaskan, komponen utama dari alat ini terdiri dari lampu LED UV, pralon penyangga dan nampan. Lalu, kata dia, pada siang hari, panel akan mengisi daya baterai dengan bantuan tenaga surya.

Ads Air Haji

“Dalam hamparan satu hektar bawang merah, menggunakan 20 unit light trap. Alat tersebut dapat memerangkap ngengat ulat bawang sebanyak 50 ekor per malam dan bahkan bisa lebih banyak jika populasi tinggi,” paparnya.

Petugas perlindungan Laboratorium Bantul Rais Sulityo mengatakan, petani yang telah menggunakan light trap insect ini serangan hama terutama pada bawang merah menjadi berkurang.

“Ini diharapkan mampu mengurangi penggunaan pestisida kimiawi yang selama ini rutin digunakan petani,” katanya.

Terpisah, Direktur Perlindungan Hortikultura Sriwijayanti Yusuf menyampaikan, petani bawang merah dapat mencoba menggunakan alat ini untuk monitoring populasi hama ulat bawang sekaligus juga dapat memerangkap ngengat/imagonya.

“Dengan demikian serangan ulat bawang dapat dikendalikan dan tidak sampai mengganggu produksi dan mutu produk bawang merah,” pungkasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.