Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ketahanan Pangan Bisa Tekan Dampak Pandemi Covid-19

0 6

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini perlu adanya ketahanan pangan. Sebab dengan ketersediaan bahan pangan akan meminimalkan dampak virus corona.

Hal ini disampaikan oleh Board Member Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) sekaligus Ekonom Australian National University (ANU) Arianto Patunru.

Lanjut dia, ketahanan pangan dengan harga yang terjangkau akan meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

Ads Air Haji

“Ketersediaan kebutuhan pangan akan memberikan akses kepada masyarakat luas, terlebih yang penghasilannya terdampak pandemi. Harga pangan yang terjangkau sangat dibutuhkan masyarakat saat ini,” katanya dalam keterangannya, Sabtu (22/8).

Dia menyebutkan, Indeks Ketahanan Pangan Global 2019, Indonesia berada di peringkat ke 62 dari 113 negara. Artinya, posisi ini berada di bawah negara tetangga seperti Vietnam, Malaysia dan Thailand serta beberapa negara Afrika seperti Ghana dan Botswana.

Menuurt dia, laporan tersebut mesti disikapi secara serius. Sebab, Indonesia memiliki lebih dari 250 juta populasi yang perlu dipastikan pemenuhan kebutuhan pangannya.

“Intinya adalah, ketahanan pangan dapat dicapai dengan menjamin ketiga komponen, ketersediaan, keterjangkauan dan kualitas, tanpa menutup diri demi mewujudkan swasembada pangan,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.