Portal Berita Online
Ads Beras Haji

KKP dan 23 Kabupaten/Kota Se-Jateng Sinergi Sediakan Sarpras Memadai

0 8

TEGAL, KABARPANGAN.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KK) bersinergi dengan 23 kabupaten/kota se-Jawa Tengah dengan menyediakan sarana prasarana (sarpras) untuk penyuluhan yang memadai.

Kabupaten/kota tersebut meliputi Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Magelang, Pati, Pekalongan, Purbalingga, Rembang, Semarang, Sragen, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Salatiga, Kota Semarang, dan Kota Tegal.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja menyebut, serah terima ini dilakukan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Pada lampiran huruf Y diatur bahwa kewenangan penyelenggaraan penyuluhan perikanan menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Sebagai implikasinya, dilakukan pengalihan personel, pembiayaan, sarana dan prasarana serta dokumen (P3D). KKP telah menyelesaikan proses pengalihan Personel, Pembiayaan, dan Dokumen. Sementara Sarana dan Prasarana Penyuluhan ditargetkan selesai di tahun 2020 ini.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih untuk pemerintah daerah pada 23 kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Tengah yang telah menyerahkan sarpras yang bersumber dari pemerintah daerah untuk diserahkan kepada KKP guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pendampingan kepada pelaku utama sektor kelautan dan perikanan,” ujar Sjarief dalam keterangannya, Rabu (16/9).

Ads Air Haji

Sjarief menjelaskan, penyuluh perikanan menjadi andalan dalam pewujudan program-program sektor kelautan dan perikanan. Penyuluh memberikan pendampingan langsung bagi nelayan, pembudidaya ikan, pengolah/pemasar ikan, dan petambak garam di lapangan.

Tak hanya itu, di masa pandemi dan adaptasi new normal saat ini penyuluh perikanan bertugas untuk menyentuh langsung pelaku sektor kelautan dan perikanan yang terdampak di lapangan. Misalnya dengan melakukan verifikasi calon penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos dan bantuan Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari) dari KKP.

Untuk itu, Sjarief menyampaikan apresiasinya kepada para penyuluh yang telah bekerja keras mengawal. Tak lupa, ia mengingatkan para penyuluh untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam menjalankan tugasnya.

”Kami ucapkan terima kasih atas dedikasinya yang luar biasa. Kami berharap, penyuluh perikanan terus melanjutkan dukungan pendampingan program prioritas KKP sebagaimana telah dituangkan dalam Program Penyuluhan Perikanan Nasional Tahun 2020,” tuturnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Tegal Noor Fuady mewakili pemda 23 kab/kota menyampaikan apresiasi kepada KKP atas kerjasamanya dalam penyerahan sarpras penyuluhan kali ini. Ia pun berharap, proses penyerahan sarpras ini dapat berjalan baik kedepannya.

“Mari kita ikuti bersama langkah-langkah yang perlu dilakukan, yang sudah disediakan dari pemerintah pusat melalui KKP. Mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan lancar,” tukasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.