Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kok Bisa Sih! Tiga Kabupaten Kesulitan Pupuk Subsidi

0 14

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Di tengah Kementerian Pertanian (Kementan) gencar mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas pertanian, namun di sisi lain tidak mendukung pemberian subsidi pupuk yang cukup kepada petani. Bahkan, ada tiga kabupaten, Jawa Barat, yang kesulitan untuk mendapatkan pupuk urea subsidi.

Padahal, bantuan pupuk urea subsidi sangat dibutuhkan para petani mengingat kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19. Ya, mereka butuh modal, dan terutama bantuan subsidi pupuk.

Ketua Organisasi petani dan nelayan, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Barat, Otong Wiranta mengatakan, petani di Kabupaten Subang, Indramayu dan Bekasi kesulitan mengakses pupuk urea bersubsidi karena kurangnya kuota atau alokasi pupuk yang diberikan Kementan.

“Beberapa kabupaten mulai kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi karena kuotanya sudah habis. Bahkan, beberapa kabupaten seperti Subang, Indramayu dan Bekasi, dari pantuan malah sudah habis kuotanya,” katanya, Kamis (13/8).

Ads Air Haji

Lanjut dia, saat ini sejumlah petani terutama di kawasan Pantai Utara sudah memasuki musim kemarau. Untuk itu, para petani sangat membutuhkan pupuk subsidi untuk kebutuhan musim tanam pada Oktober mendatang.

Berdasarkan data Pupuk Indonesia, realisasi pupuk urea di Jawa Barat sudah mencapai 370.161 ton atau 95 persen dari alokasi yang ditetapkan Kementan sebesar 388.400 ton.

Menurut Otong, sulitnya petani mendapatkan pupuk karena turunnya kuota pupuk subsidi tahun 2020 yang ditetapkan Kementan.

“Pada tahun ini, kuota pupuk subsidi untuk Jawa Barat setelah realokasi sebesar 388.400 ton, sementara pada tahun lalu volumenya bisa mencapai lebih dari 500 ribu ton,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.