Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kolaborasi Bersama Bisa Perkokoh Perberasan Nasional

0 3

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Sektor pertanian, terutama beras menjadi sektor yang sangat penting dan utama dibutuhkan rakyat Indonesia. Karenanya, agar terjadi penguatan dalam sektor ini harus adanya kolaborasi semua pihak terkait.

Hal ini ditegaskan oleh Dewan Pakar Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) David Ardhian, dalam diskusi bertajuk ‘Kemitraan Multipihak Perberasan Nasional’, yang diinisiasi oleh KRPKP secara daring.

“Untuk memperkuat sektor pangan khususnya perberasan menjadi bagian yang tidak bisa diselesaikan sendiri-sendiri, itu harus memerlukan upaya kolaborasi bersama,” ujarnya, Sabtu (5/9).

Ads Air Haji

Yang dimaksud kolaborasi, kata dia, yakni meliputi petani, pengepul, perusahaan processing, distributor, dan pengecer sebelum sampai ke konsumen. Selain itu, pemerintah juga harus menjadi aktor penting dalam kolaborasi ini.

Di sisi lain, lanjut dia, ke depan juga perlu memperkuat keberlanjutan produksi. Dia menjelaskan, harus ada semacam platform bersama yang mampu menyediakan ruang dialog, kemitraan dan kolaborasi antar aktor perberasan di Indonesia. Artnya, dperlu ditunjuk leader atau memimpin berbagai pihak.

“Harus ada lembaga yang kuat yang me-lead, yang mengkoordinasi seperti Bappenas, yang bukan departemen teknis, yang mampu merangkum, membawa sumber daya yang ada itu yang harus dipikirkan,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.