Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Komitmen Ditjen Holtikultura Berikan Keterbukaan Informasi ke Masyarakat

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Direktorat Jenderal Hortikultura (Ditjen Holtikultura) Kementerian Pertanian (Kementan) menyampaikan berkomitmen memberikan keterbukaan layanan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang (UU) Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto mengatakan, jajarannya berkomitmen memberikan keterbukaan informasi dan data komoditas hortikultura yang dimilikinya yang bisa dilihat dari portal Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Ditjen Hortikultura yang dilengkapi dengan Horticulture War Room (HWR).

“Ditjen Hortikultura berbagi aneka informasi informasi dan data termasuk kegiatan 2020 hingga 2021. Selain itu kami juga mendukung fasilitas PPID terutama di masa pandemi ini,” ujarnya di Jakarta, Selasa (4/8).

Ads Air Haji

Selain itu, kata Prihasto, guna menjaga prinsip transparansi, setiap tamu yang hadir tidak diperbolehkan bertemu langsung ke ruang kerja. Setiap tamu terlebih dahulu diterima dan dilayani di ruang PPID yang bisa diakses oleh siapa saja yang berkunjung.

Dalam masa normal baru ini, pelayanan PPID mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan antara lain mengenai aturan jaga jarak. Mulai dari masuk, tamu akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer serta fasilitasi kran tempat cuci tangan dengan sabun.

Terkait pasokan, Prihasto menerangkan bahwa Ditjen Hortikultura memiliki panduan Early Warning System (EWS) komoditas hortikultura, contohnya cabai.

“Terkait data, kami ada data link produksi, sebaran serta jadwal panen hortikultura yang terinfo dalam EWS. Info EWS dapat menghindari terjadinya lonjakan harga cabai seperti 2017 lalu. Datanya lengkap hingga ke kabupaten termasuk petugas informasi pasar sebanyak 200 orang yang disebar di sentra produksi,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.