Portal Berita Online

Komoditas Strategis, Industri Sawit Rekrut 22 Juta Pekerja

0 14

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kelapa sawit merupakan komoditas strategis utama Indonesia. Selain berkontribusi terhadap lapangan pekerjaan di Indonesia, juga menyumbang devisa ekspor nomor satu.

“Kelapa sawit menyumbang signifikan terhadap lapangan pekerjaan. Petani sawit di sektor hulu kira-kira 7 juta, di antaranya 2,4 juta adalah petani swadaya, dan 4,6 juta tersebar di beberapa perusahaan plasma dan swadaya,” kata Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Rusman Heryawan dalam video daring, pekan ini.

Sementara untuk pekerja yang di industri hilir atau sektor pendukung lainnya, jumlah pekerjanya mencapai 16 juta lebih, 4,2 juta tenaga kerja yang bekerja langsung berkaitan dengan sawit, dan 12 juta tenaga kerja yang tidak langsung berkaitan dengan sawit.

“Total bekerja di industri sawit dan sebagainya ada 22 juta pekerja. Ini kan betapa besar lapangan pekerja yang tercipta aktivitas sawit ini. Kalau sawit terganggu, maka 22 juta pekerja juga akan ikut terganggu,” ujarnya.

BPDPKS mencatat, ekspor sawit pada tahun 2019 mencapai 22,4 persen atau menyumbang sebesar USD 154,9 juta.

Menurutnya, Industri sawit Indonesia memiliki tantangan. Permasalahan tersebut dari sektor hulu sampai dengan hilir. Untuk itu, Pemerintah melakukan berbagai upaya demi meningkatkan keberlanjutan industri sawit salah satunya dengan mendirikan BPDKS. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.