Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Komoditas Unggulan, Ekspor Mangga Gedong Gincu Tinggi

0 27

SUMEDANG, KABARPANGAN.ID – Mangga Gedong Gincu, salah satu komoditas holtikultura unggulan yang ada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Selain digemari di dalam negeri, varietes ini juga disukai di luar negeri.

Mangga jenis ini hanya tumbuh bagus di Kabupaten Sumedang, Majalengka, Indramayu, Cirebon, dan Kuningan.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto mengatakan, mangga Gedong Gincu mempunyai potensi pasar yang bagus.

“Potensinya unlimited. Ini jadi peluang untuk mendorong komoditas mangga Gedong Gincu sebagaimana arahan Menteri Pertanian Bapak Syahrul Yasin Limpo untuk meningkatkan produksi dan kualitas komoditas pertanian sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan ekspor sebanyak tiga kali lipat ,” ujarnya di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis, (23/7).

Ads Air Haji

Senada dikatakan Asisten 2 Pemprov Jawa Barat Edi Iskandar Muda. Edi meminta Dinas Kredit Usaha Kecil dan Badan Pembangunan Masyarakat Desa beserta stakeholder terkait turut mendukung pengembangan agribisnis. Khususnya untuk mangga Gedong Gincu.

“Karena memang Gedong Gincu ini salah satu unggulan. Potensi ekspornya tinggi,” katanya.
Kadis Pertanian Provinsi Jawa Barat Dadan berharap para petani untuk terus meningkatkan produksi dan kualitas mangga Gedong Gincu.

“Caranya, antara lain ekstra disiplin dalam menjalankan SOP prosedur operasional budi daya mangga. Termasuk merawat kebun dengan baik, dan mengelola lalat buah sesuai prinsip Pengelolaan Hama Terpadu,” ujarnya.

Salah seorang eksportir mangga Gedong Gincu, Supian mengaku siap membantu pemasaran para petani. Supian kini sukses mengirim ekspor komoditas buah ini ke Rusia dan Eropa Timur.

“Kami memerlukan dukungan terkait rumah kemas (packing house) dan mesin pelapisan ( coating ) agar daya simpan lebih lama,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.