Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Konsumsi Beras Ditargetkan Turun 7 Persen Hingga 2024

0 5

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan tingkat konsumsi beras secara nasional turun sebesar 7 persen menjadi 85 per kilogram (kg) per kapita per tahun dalam lima tahun atau hingga 2024 mendatang. Penurunan beras tersebut setara 1,77 juta ton atau senilai Rp 17,79 triliun.

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro mengatakan, target penurunan dapat dicapai asalkan ada intervensi dari pemerintah.

“Ya, karena bila tanpa intervensi, penurunan beras hanya bisa diapai di posisi 91,2 per kg per kapita per tahun,” ujarnya dalam Diskusi Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bertemakan ”Diversifikasi Pangan Kokohkan Ketahanan Pangan Nasional” di Jakarta, Rabu (9/9).

Kementan mencatat, tahun 2020, rata-rata konsumsi beras ditargetkan turun ke posisi 92,9 per kg per kapita per tahun dari posisi tahun lalu sebesar 94,9 per kg per kapita per tahun.

Ads Air Haji

“Kami targetkan ada satu penurunan pangan beras kita dan itu harus diikuti dengan kenaikan konsumsi pangan lokalnya,” ucapnya.

Di sisi lain, penurunan konsumsi beras tersebut karena didorong dengan program diversifikasi pangan. Diversifikasi pangan yang dimaksud, masyarakat bisa beralih mengonsumsi beras dengan antara lain ubi kayu, jagung, sagu, pisang, kentang dan sorgum.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri menambahkan, dengan beraneka ragam pangan lokal Indonesia optimis program diversifikasi pangan akan berhasil.

“Kita memiliki pangan lokal di luar beras. Program diversifikasi membantu masyarakat Indonesia swasembada pangan,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.