Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kostraling-Kostratani Dukung Petani Kuasai Hulu ke Hilir

0 22

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Komando Strategis Penggilingan Padi (Kostraling) bersama Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) mendukung para petani untuk menguasai hulu hingga hilir. Hal ini untuk mewujudkan ketahanan pangan.

“Dukungan Kostraling pada BPP Kostratani merupakan implementasi dari target Menteri Pertanian Syahrul agar petani menguasai hulu hingga ke hilir. Maknanya, petani menjual hasil panen berupa beras dalam kemasan, bukan lagi gabah,” ujar Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi dalam keterangannya, Minggu (20/9).

Sementara Mentan Syahrul mengungkapkan, tahun depan Kementan akan melakukan mekanisasi, khususnya penggilingan padi. Rencana teknis, Kostraling mendukung BPP Kostratani.

Ads Air Haji

“Dirjen terkait harap fasilitasi penyerapan gabah dengan KostraLing,” ujarnya.

Syahrul mengharapkan panen raya tidak lagi menjadi momok bagi petani, maka penggilingan padi Kostraling berperan vital membeli gabah dari Kelompok Tani (Poktan) atau Gapoktan sesuai harga pembelian pemerintah (HPP) untuk disimpan atau digiling, dalam upaya menyediakan beras kualitas standar pada waktu yang tepat.

“Kementan tidak bekerja sendiri. Ada beberapa pihak yang mendukung seperti penggilingan padi skala kecil dan menengah. Perbankan dan Badan Layanan Umum (BLU) juga terlibat. Dalam hal ini, bantuan pemerintah dialokasikan selektif agar tepat sasaran,” kata Mentan

Data Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini jumlah penggilingan padi sekitar 182.199 unit. Skala besar 2.075 unit, 8.628 unit kategori sedang dan skala kecil mencapai 169.044 unit di seluruh Indonesia. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.