Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Kostratani Perkuat Pertanian di Garut

0 6

GARUT, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali memperluas penguatan pertanian. Kali ini, di pertanian Jawa Barat, melalui Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). Kostratani sendiri memiliki posisi penting di dalam pengambilan kebijakan strategis pertanian hingga level kecamatan.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menekankan, produktivitas pertanian harus ditingkatkan di seluruh wilayah. Sebab Kostratani memiliki piranti lengkap untuk mewujudkan target-target tersebut.

“Kehadiran Kostratani di Garut tentu akan membawa efek positif bagi pertanian di sana. Pertanian Garut pun memiliki akses lebih luas untuk terus maju,” ujarnya di Pendopo Kabupaten Garut, Kamis (13/8).

Ads Air Haji

Saat ini, kata dia, Garut memiliki potensi besar pertanian untuk beragam komoditi. Untuk komposisi padi terdiri dari padi sawah dan padi ladang. Garut juga terkenal sebagai sentra palawija, seperti jagung, kedelai, ubi kayu, ubi jalar, hingga kacang hijau.

“Posisi Badan Penyuluh Pertanian (BPP) sangat strategis. Yang jelas, kami akan dorong SDM. Sebab, SDM ini memiliki kontribusi sekitar 50 persen terhadap produksi pertanian,” ucapnya,

Bergabungnya Garut dan beberapa wilayah lain di Jawa Barat kini semakin menambah daftar member Kostratani. Saat ini jumlah member Kostratani mencapai sekitar 446.

Melalui BPPSDMP, Kementan memiliki target member Kostratani sebanyak 3.000 di rentang 2020. Namun, target tersebut akhirnya direvisi menjadi 1.000 karena terbentur Covid-19. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.