Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Langgar Ketentuan, Kemendag Musnahkan 2,5 Ton Garam Himalaya

0 23

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) memusnahkan 2,5 ton garam himalaya. Pemusnahan dilakukan karena telah melanggar ketentuan izin dan Standar Nasional (SNI).

“Pemusnahan sekitar 2,5 ton garam himalaya dilakukan karena telah melanggar ketentuan izin dan SNI. Selain itu, kami juga memusnahkan sekitar 3.000 botol minuman beralkohol yang melanggar ketentuan distribusi,” kata Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto di sela-sela pemusnahan garam dan minuman keras di Balai Pengawasan Tertib Niaga, Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (22/7).

Mendag menegaskan, bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan izin impor garam himalaya untuk konsumsi. Apalagi garam tersebut dijual sebagai garam konsumsi tanpa dilengkapi SNI.

Ads Air Haji

“Jadi, terungkap berkat pengawasan rutin yang dilakukan Kemendag di mana ditemukan perdagangan garam himalaya yang diperuntukkan sebagai bahan baku industri, dijual bebas di ritel modern dan toko daring sebagai garam konsumsi. Ini melanggar ketentuan SNI,” jelasnya.

Direktur Jenderal PKTN Veri Anggrijono menambahkan, bahwa pihaknya memastikan selalu meningkatkan koordinasi dan sinergisitas pengawasan dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya.

“Seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, serta Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan agar hal seperti ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.