Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Lewat Bangun Pabrik Sawit Bisa Tekan Kerugian Petani

0 25

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Petani sawit selama ini mengalami kendala dalam menjual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit, sehingga mengalami kerugian karena hasil produksinya tidak terserap dengan baik. Karenanya, dengan dibangunnya pabrik sawit baik skala kecil maupun besar diharapkan bisa mengefisienkan rantai pasok dan dapat mengerek harga beli TBS.

Ketua KUD Sawit Makmur Samsul Bahri menjelaskan, berdirinya pabrik sawit bertujuan membantu petani menjual hasil panennya. Sebab, elama ini petani kesulitan memasarkan hasil panen ke pabrik kelapa sawit terdekat karena pabrik yang ada mengutamakan hasil dari kebun inti dan plasma sendiri.

Ads Air Haji

“Ketika bermitra dalam penjualan Buah Sawit (TBS) petani kepada pabrik sawit yang berada di sekitar Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kendala yang dihadapi saat musim panen raya disitulah buah petani selalu dinomorduakan sehingga merugi. Hal tersebutlah yang mendasari (KUD) mendirikan pabrik sawit petani sesuai anjuran pemerintah daerah melalui dinas perkebunan provinsi dan kabupaten,” ujarnya dalam video daring, pekan ini.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Antarjo Dikin mendukung berdirinya pabrik sawit petani di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Namun demikian memang harus diperhatikan sejumlah aspek pendukung seperti perizinan dan pembiayaannya.

“Pabrik sawit petani perlu memerhatikan aspek lingkungan dan sustainability, sehingga tidak terjadi persoalan limbah. Ini perlu menjadi perhatian,” tukasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.