Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Lewat Online, Kini Pengurusan Surat Izin Usaha Perikanan Lebih Mudah

0 12

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Melalui sisten elektronik, kini dalam pengurusan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) dalam pengolahan ikan menjadi lebih mudah.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo mengatakan, kemudahan pengurusan SIUP ini sejalan dengan program Presiden Joko Widodo dalam menggeliatkan investasi domestik. Tahun lalu, Indonesia berada di peringkat 73 untuk kemudahan berusaha.

“Posisi ini lebih baik dibanding 2014 yang berada di angka 120. Pemerintah menargetkan Indonesia berada di peringkat 40 pada 2024,” katanya, (1/8).

Ads Air Haji

Menurut dia, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik merupakan kebijakan yang tepat dalam mendorong kemudahan berusaha di Indonesia.

“Melalui OSS ini, pemerintah tinggal memantau kepatuhan terhadap komitmen dari pelaku usaha,” ujarnya.

Sebagai informasi, tahapan yang harus dipenuhi pelaku usaha untuk mendapat perizinan usaha pengolahan ikan yaitu izin prinsip (Nomor Induk Berusaha), izin usaha (SIUP Bidang Pengolahan Ikan), dan izin komersil/operasional (SKP, HACCP, HC, RPHP). (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.