Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Luhut: Peran Sinergi Data Sangat Penting

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya di acara Penandatangan Naskah Nota Kesepahaman antara 11 K/L tentang Sinergi Penyelenggaraan Data dan Informasi Kelautan untuk pembangunan nasional, mengingatkan pentingnya sinergi data dan informasi kelautan dalam pembangunan nasional.

“Kita harus bekerja untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada. Mengelola kewilayahan Indonesia tentunya memerlukan penguasaan terhadap data dan informasi, khususnya kelautan nasional,” kata Luhut penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan secara daring, pada Senin (31/8).

Dalam keterangan resminya, Luhut menjelaskan, bahwa Indonesia adalah negara besar, dengan area cakupan teritori yang luas dan mempunyai luas perairan sekitar 6,4 juta km persegi. Bahkan, menurut dia, Indonesia jauh lebih luas daripada seluruh wilayah Eropa.

Ads Air Haji

Selain memiliki perairan yang luas, lanjut dia, Indonesia juga berada di lokasi yang sangat strategis di dunia, yang menghubungkan jalur pelayaran dan perdagangan dunia.

Oleh karena itu, ia berharap sinergi yang dilakukan itu akan mempercepat dan mempermudah proses penyelenggaraan data dan informasi kelautan Indonesia.

Untuk itu, dia mengimbau kepada para menteri dan kepala lembaga dari 11 K/L yang hadir, agar data kelautan yang ada dapat difokuskan untuk memenuhi beberapa kebutuhan.

Di antaranya, yakni mendukung program investasi di Indonesi dan mendukung kegiatan menjaga kedaulatan dan keamanan di setiap wilayah perairan Indonesia. Selain itu mendukung berbagai program mitigasi kebencanaan dan hal lain yang kiranya menjadi prioritas pembangunan nasional kemaritiman. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.