Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Lulusan Pendidikan KP Diharapkan Majukan Sektor Kelautan dan Perikanan

0 12

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Indonesia membutuhkan SDM yang profesional dalam mengolah kelautan dan perikanan. Karenanya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo saat melepas ribuan wisudawan pendidikan tinggi Kelautan dan Perikanan (KP) berpesan untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan.

Pada Senin (10/8), Menteri Edhy melepas 1.356 orang wisudawan Pendidikan Tinggi lingkup KKP, yang terdiri dari 33 orang dari Program Magister Terapan, 448 orang Program Sarjana Terapan (D-IV), 826 orang Program D-III, dan 49 orang Progam D-I di 10 Politeknik KP dan 1 dari Akademi Komunitas KP.

“Laut tidak boleh dipunggungi, sudah saatnya bangsa Indonesia melihat laut sebagai sumber kehidupan manusia,” kata Menteri Edhy.

Menteri Edhy mengungkapkan kebanggaannya kepada para wisudawan. Menurutnya para lulusan Poltek KP merupakan tambahan tenaga untuk mewujudkan misi KKP, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, bahwa KKP harus dapat meningkatkan komunikasi dengan pemangku kepentingan (stakeholder) dan penguatan budidaya.

“Saya semakin yakin sektor kelautan dan perikanan akan menjadi sektor yang memenangkan pertempuran. Kalian adalah putra terbaik bangsa yang akan membangun sektor ini,” sambungnya.

Ads Air Haji

Sementara Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja, memaparkan bahwa pihaknya senantiasa mengupayakan peningkatan mutu pendidikan tinggi KP secara terus menerus.

“Ini agar para lulusan yang dihasilkan sangat unggul, mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi, dan siap bekerja baik di dunia usaha dan dunia industri,” ujarnya.

Penyelenggaraan pendidikan tinggi kelautan dan perikanan bertumpu pada tiga capaian kompetensi yang harus dimiliki oleh para lulusan, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap mulia.

Tak hanya berkontribusi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, penyelenggaraan pendidikan tinggi kelautan dan perikanan juga berkontribusi meningkatkan taraf kehidupan anak pelaku utama perikanan. Saat ini lebih dari 50 persen peserta didik di Poltek KP merupakan anak-anak pelaku utama perikanan (nelayan, pembudidaya ikan, petambak, pengolah hingga pemasar hasil perikanan) .

“Penyerapan anak pelaku utama tersebut, akan terus kami tingkatkan jumlahnya,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.