Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Mahasiswa-Penyuluh Dorong Korporasi Petani Food Estate Humbahas

0 4

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) bersama mahasiswa bersinergi mendorong koporasi petani di kawasan lumbung pangan atau Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut) dan kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi menyatakan, jajarannya siap bekerja maksimal untuk Food Estate di Humbahas, Sumut dan Kalteng dengan mengawal dan mendampingi SDM pertanian mendukung korporasi petani.

“Kita akan memastikan pendampingan terhadap petani di lokasi Food Estate berjalan maksimal. Memaksimalkan kinerja BPPSDMP, untuk memastikan petani Food Estate mendapatkan pendampingan, khususnya dalam hal korporasi petani,” katanya dalam keterangannya, Rabu (30/9).

Ads Air Haji

Sementara Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti memastikan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap petani di lokasi Food Estate bisa berjalan maksimal.

“Harapannya melalui pendampingan ini dapat membuka pola pikir petani terkait korporasi dan koperasi sehingga akan meningkatkan kapasitas petani dalam manajemen usaha tani,” ucapnya.

Sebagai aplikasi kesiapan dukungan BPPSDMP, 50 mahasiswa Polbangtan dan Perguruan Tinggi Mitra (PTN) bersama penyuluh pertanian siap melakukan baseline survey melalui wawancara kepada petani dengan pedoman instrumen daftar pertanyaaan terkait agroekosistem, sosial, budaya dan ekonomi. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui karakteristik petani dalam pelaksanaan penumbuhan korporasi.

Selain pendampingan oleh mahasiswa dan penyuluh, Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) melakukan diskusi langsung dengan kelompok tani (Poktan) Harapan Jaya yang terlibat dalam Food Estate (FE) untuk luas lahan 15 hektar yang menjadi lokasi demfarm Balitbangtan. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.