Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ma’ruf Amin: Produksi Beras Surplus Hingga Akhir 2020

0 8

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa produksi beras hingga akhir tahun masih surplus, meski produksi pangan pada tahun ini diperkirakan mengalami penurunan.

“Tahun ini produksi beras diperkirakan akan lebih kecil dibandingkan dengan produksi beras pada 2018 dan 2019, walaupun masih akan menyisakan sedikit surplus pada akhir tahun 2020,” ujarnya, Selasa (1/9).

Kendati produksi beras surplus, kata Wapres Ma’ruf, pemerintah tetap menjalankan berbagai kebijakan strategis guna menjamin ketersediaan stok pangan nasional.

Adapun kebijakan tersebut di antaranya intensifikasi, diversifikasi pangan, penguatan cadangan beras pemeritah daerah, serta membangun lumbung pangan masyarakat.

Ads Air Haji

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan produksi beras nasional pada Juni 2020 suprlus 6,4 juta ton.

Perkiraan ketersediaan beras melimpah didasarkan pada produksi dan kebutuhan konsumsi bulanan, serta memperhitungkan stok yang ada.

Kementan mencatat, stok pada akhir Maret 2020 sebanyak 3,45 juta ton. Dengan rincian, stok dari Bulog 1,4 juta ton, penggilingan 1,2 juta ton, pedagang 754.000 ton, dan di Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) 2,939 ton.

Itu pun belum termasuk stok di masyarakat lainnya, seperti di rumah tangga dan horeka. Jadi, produksi beras pada April – Juni 2020 mencapai sekitar 10,5 juta ton. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.