Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Masih Tradisional, Produktivitas Ternak di Majalengka Belum Optimal

0 5

MAJALENGKA, KABARPANGAN.ID – Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, di wilayah utara dikenal populasi ternaknya lebih banyak dibanding jumlah masyarakatnya. Namun, produktivitas maupun kualitas ternak dari daerah itu belum optimal lantaran belum menyentuh teknologi dalam kegiatan usaha ternaknya.

Keresahan tersebut disampaikan oleh anggota Komisi IV DPR RI Dapil IX Jawa Barat Sutrisno saat melakukan audiensi dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kementerian Pertanian (Kementan) dan peternak Majalengka.

“Padahal Majalengka di wilayah utara populasi ternaknya lebih besar dibanding jumlah masyarakatnya. Akan tetapi, masih banyak peternak yang melakukan usaha ternaknya secara tradisional. Untu itu bimbingan dan peningkatan pengetahuan dengan menerapkan teknologi peternakan secara berkesinambungan,” ujarnya, Rabu (19/8).

Ads Air Haji

Dia berharap, BPTP Jawa Barat, segera melakukan pelatihan, bimbingan teknis serta pendampingan secara berkelanjutan gar usaha peternakan di Majalengka menjadi maju dan berkembang.

“Kami siap mengirimkan kader peternak milenial untuk dilatih menjadi tenaga inseminator dan tenaga kesehatan hewan untuk memenuh kekurangan tenaga kesehatan hewan dan inseminasi buatan di Majalengka,” ucapnya.

Kesempatan yang sama, Kepala BPTP Jawa Barat Wiratno mengatakan, bahwa dalam pemecahan masalah yang dihadapi peternak di Majalengka adalah harus menggunakan teknologi dala usaha ternak, sehingga produktivitas yang dihasilkan menjadi maksimal dan berkualitas.
“Iya, harus menggunakan teknologi untuk mengembangkan peternakan di Majalengka,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.