Portal Berita Online

Mendag Lutfi: Harga Kedelai Dunia Mahal Hingga Mei 2021

0 24

Jakarta, Kabarpangan.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memprediksi harga kacang kedelai dunia masih menguat hingga Mei 2021. Sehingga diharapkan harga kedelai akan kembali normal pada Juni setelah negara importir melanjutkan produksi.

“Kedelai ini harganya akan menguat terus mungkin sampai akhir Mei 2021. Kami baru melihat bahwa harga karena memang hasil daripada kedelai ini dan Brazil akan kembali kepada produksi mungkin lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya,” kata Mendag secara virtual, Senin (11/1/2021).

Menurutnya harga kedelai akan mulai membaik pada Juni 2021, selama harga landed cost kedelai di atas Rp 8.000. Kementerian Perdagangan akan menjadi penengah antara pengrajin dan pasar untuk memberitahukan berapa harga tahu dan tempe yang wajar.

“Kacang kedelai seperti saya prediksi bahwa kacang kedelai itu memang menjadi sesuatu permasalahan yang tidak mudah, karena kacang kedelai ini adalah barang penting bagi makanan dan ketersediaan gizi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Tapi lebih dari 90 persen kebutuhan kacang kedelai itu adalah barang impor, sehingga yang terjadi sekarang ini adalah tingginya permintaan dunia terhadap kacang kedelai seiring dengan terganggunya oleh cuaca maupun keadaan ekonomi di dunia.

“Sekarang ini harga kedelai itu USD 13 per bushels-nya, dan ini adalah harga tertinggi dalam 6 tahun terakhir. Kenapa? karena yang pertama adalah gangguan cuaca El Nina di Latin Amerika yang menyebabkan basah di Brazil dan Argentina,” katanya.

Selain itu faktor lainnya, diperparah dengan aksi mogok Argentina seperti mogoknya di sektor distribusi dan mogok di Pelabuhan. Ini menjadi permasalahan logistik dan permasalahan demand atau permintaan.

“Pada tahun 2019-2020 yang lalu itu Cina mengalami yang disebut dengan flu babi yang menyerang ternak babi mereka di mana seluruh ternak babi yang ada di Cina ini dimusnahkan. Jadi hari ini mereka memulai ternak babi itu lagi dengan jumlah sekitar 470 juta yang tadinya makan nya tidak diatur sekarang makanannya diatur,” tukasnya. (mh)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.