Portal Berita Online

Mengenal Porang yang Bikin Petani Jadi Kaya Raya

0 181

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Tanaman porang atau dikenal dengan nama iles-iles, sejenis tanaman umbi-umbian, tengah menjadi perbincangan luas masyarakat. Ya, dalam waktu singkat petani akan bisa menjadi kaya raya.

Tanaman ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan jelly. Karena banyak manfaatnya, tanaman ini banyak permintaan dari luar negeri, seperti Jepang dan Cina.

Hal ini telah dibuktikan oleh mantan pemulung asal Madiun, Jawa Timur, Paidi. Nasibnya sungguh beruntung, kini telah menjadi seorang miliarder berkat budidaya porang.

Kesuksesannya banyak diikuti para petani dari Madiun maupun dari daerah Pulau Jawa. Pria 37 tahun itu dengan senang hati membagikan ilmunya, asalkan hasil panen dibeli oleh perusahaannya. “Petani binaan saya sudah ada lebih dari seribu,” katanya, belum lama ini.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengatakan, pihaknya berkomitmen dan mendukung pemerintah untuk terus meningkatkan produksi pangan dalam negeri dan peningkatan komoditas ekspor Indonesia, salah satunya ekspor porang.

“Satu hektar bisa ditanami 40 ribu pohon. Kalau satu pohon menghasilkan rata-rata dua kilogram, akan menghasilkan 80 ribu ton per hektar. Jika dikalikan Rp 8 ribu maka satu hektar akan menghasilkan Rp 640 juta,” paparnya.

Tak hanya porangnya saja, lanjut dia, kataknya atau bibit porang dengan luasan satu hektar yang ada di pohon porang dapat menghasilkan Rp 750 juta.

“Jadi tanaman ini bisa menghasilkan Rp 1,3 miliar dari porang, dari luasan lahan satu hektar,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.