Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Mengenal Tanaman Air Bucephalandra Asal Kalimantan

0 12

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Bagi penghobi ikan, nama tanaman Bucephalandra tidak akan asing lagi. Tanaman ini menjadi indah apabila dirangkai atau aquascape sehingga aquarium akan terlihat indah dan unik.

Tanaman Bucephalandra atau tanaman air berasal dari Kalimantan. Tanaman ini dipopulerkan oleh kolektor tanaman air asal Jepang, Nakamoto pada tahun 2014.

Sejak dipopulerkan oleh Nakamoto, tanaman air ini terus diburu oleh penghobi aquascape dari Thailand, Jepang, Hongkong, Cina, bahkan Eropa.

Bucephalandra dikenal sebagai tanaman foreground. Dinamakan bucephalandra karena bentuk bunganya yang sepintas menyerupai tanduk banteng.

Ads Air Haji

Keunikan tanaman ini karena memiliki varian warna yang beragam, yakni hijau, ungu, cokelat, hingga hijau tua.

Sedangkan bentuk daunnya, yakni ada yang berdaun lancip, bulat, dan sebagainya.

Tanaman ini juga ada yang berukuran cukup besar, sedang, bahkan ada juga yang mini. Saat ini, terdapat puluhan jenis bucephalandra yang ada di pasaran, diperdagangkan dengan ratusan nama yang berbeda.

Sekadar informasi, di tengah pandemi Covid-19, permintaan bucephalandra terus tinggi. Dari data Surat Izin Pengeluaran benih yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan pada 2020, hingga pertengahan April terdapat izin pengeluaran sebanyak 300 ribu pieces.

Permohonan ekspor terhadap jenis jenis tanaman hias lainnya di antaranya bucephalandra, anubias, krokot, ammania, aponogeton, carolina, bacopa, cabomba, blyxa, keladi, cryptocoryne, ceratophyllum, echinodorus, cyperus, egeria, eriocaulo, glossostigma, eleocharis dan masih banyak jenis tanaman hias lainnya. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.